popular Post

Wisata Kuliner di Yogyakarta

Gudeg, seseorang yang mendengar kata gudeg mungkin langsung berpikiran tentang makanan atau pun sebuah kota. Ya, banyak orang pasti b...

Tuesday, February 16, 2016

Definisi Gempa Bumi

1. Pengertian istilah gempa  

Istilah untuk gempa bumi beragam, tergantung dari penyebabnya, seperti gempa vulkanik, gempa tektonik, gempa runtuhan, gempa imbasan dan gempa buatan. gempa vulkanik disebabkan oleh desakan magma ke permukaan, gempa tektonik disebabkan oleh pergeseran atau tumbukkan dari lempeng bumi, gempa runtuhan banyak terjadi di pegunungan yang runtuh, gempa imbasan biasanya terjadi di sekitar dam karena fluktuasi air dam, dan gempa buatan adalah gempa yang dibuat oleh manusia seperti ledakan nuklir atau ledakan untuk mencari bahan mineral.

2. Teori tentang gempa bumi

Lapisan kulit bumi dengan ketebalan 100 km mempunyai temperatur relatif jauh lebih rendah dibanding dengan lapisan dalamnya (mantel dan inti bumi) sehingga terjadi aliran konveksi dimana massa dengan temperatur tinggi mengalir ke daerah temperatur rendah atau sebaliknya. 

Teori aliran konveksi ini sudah lama berkembang untuk menerangkan pergeseran lempeng  tektonik yang menjadi penyebab utama terjadinya gempa bumi tektonik atau lebih dikenal dengan gempa bumi.



karena bentuk lempeng tektonik tidak rata, sering terjadi gesekan dalam pergerakan ini. energi yang disebabkan oleh gesekan ini sebagian besar lepas dalam bentuk panas ke dalam bumi, dan sebagian kecil saja yang terasa oleh kita sebagai goncangan atau dikenal sebagai energi seismik. selain terjadi pergesekan lempeng, bisa juga terjadi perekahan di dalam lempeng itu sendiri.

 Jika ada gaya yang bekerja yang cukup besar, maka lempeng kerak bumi akan retak dan menyebabkan goncangan. goncangan tersebut akan menyebabkan timbulnya patahan pada permukaan bumi.

3. Istilah yang berkaitan dengan gempa bumi

a. skala magnitude/kekuatan. skala magnitude dihitung berdasarkan energi yang dilepaskan oleh gempa, caranya dengan menghitung secara matematis dari hasil pengukuran seismograf (alat pencatat getaran bumi)

b. skala intensitas diturunkan dari getaran yang terasa di permukaan bumi, misalnya dari akibat gempa itu sendiri terhadap manusia dan alam sekitarnya.





No comments:

Post a Comment